Taklim

BELAJAR MENJAGA PANDANGAN DARI HABIB ALI AL-JUFRI

BELAJAR MENJAGA PANDANGAN DARI HABIB ALI AL-JUFRI
Editing: Mohsen Basheban

PENERBITLAYAR.COM, YOGYAKARTA – Dalam beberapa bulan yang lalu, al-Habib Ali Zainal Abidin ibn Abdurrahman al-Jufri (HABIB ALI AL-JUFRI) diundang dalam acara Tv “Eittijahat” di salah satu stasiun televisi UEA dalam dialog perihal Mu’tamar Ahlussunnah wal jama’ah 2016 di Cechnya. Adapun yang hadir sebagai presenter di acara itu adalah Nadine al-Badir (atau bisa dikatakan sebagai Najwa Shihab-nya Arab). Beliau seorang penulis liberal asal Arab Saudi yang tak pernah memakai hijab.

Di sini ada yang menarik. Selama dialog berlangsung (sekitar 1 jam lebih), Habib Ali al-Jufri sama sekali tak memandang wajah sang presenter. Masya Allah. Beliau selalu menunduk pandangannya arah bawah dan terkadang melihat ke samping. Rupa-rupanya “prilaku” Habib Ali al-Jufri membuat sang presenter agak kesal. Lantas, di akhir acara tersebut ia bertanya, “Habib Ali, ini adalah pertemuan kita yang kedua.  Jujur, saya sangat menghormati anda. Oleh karena itu, saya menutup separuh kepala saya di acara ini, tetapi mengapa selama ini anda selalu menjauhkan pandangan dari wajah saya?” ungkap sang presenter.

Habib Ali al-Jufri yang tampak malu dengan pertanyaan itu menjawab, “Semoga Allahu ta’âlâ memberkati anda dan membalas kebaikan anda. Pertama, saya memang tidak terbiasa memandang wanita yang bukan mahrom. Kedua, saya tidak memandang wajah anda karena saya memuliakan dan menghormati anda dan bukan berarti saya merendahkan anda. Lelaki yang bersikap sopan dan menghormati seorang wanita tidak akan berlama-lama memandang wajahnya. Bukankan Allahu subhânahu wa ta’âlâ berfirman:

    قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ذَلِكَ أَزْكَى لَهُمْ

Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka.” (QS. an-Nûr [24]: 30)

Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam pun bersabda: “Pandangan haram adalah panah beracun dari sekian banyak panah Iblis,siapa yang meninggalkannya karena takut kepada Allah, maka Allah akan anugrahkan baginya kelezatan iman yang akan ia rasakan di dalam hatinya.” (HR.Ahmad)

Perhatikan gambar berikut ini:

gambar-2

Nadine al-Badir, Presenter TV Ettijahat, salah satu stasiun televisi di UEA

gambar-3

Perhatikan pandangan Habib Ali al-Jufri  tatkala di wawancara oleh sang presenter

 

 

 

 

 

 

 

gambar-4

Pandangan Habib Ali al-Jufri selalu menunduk ke bawah atau pun ke arah samping

gambar-5

Sesekali beliau memejamkan mata dan menundukkan pandangannya kembali

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top