Taklim

PERKATAAN PARA SALAF TENTANG ADAB KEPADA ORANG TUA

Buku ini membahas seputar adab-adab keseharian kaum Muslimin, meski sederhana tapi justru sudah banyak ditinggalkan. Karenanya, buku menjadi penting untuk dimiliki.

PERKATAAN PARA SALAF TENTANG ADAB KEPADA ORANG TUA
Editing: Mohsen Basheban

PENERBITLAYAR.COM, YOGYAKARTA — Berikut perkataan ulama Salafush Shaleh yang berkaitan dengan adab kepada orang tua. Semoga dari perkataan ini banyak faedah yang bisa kita peroleh dan kita terapkan dalam kehidupan keseharian kita. Aamiin. Perkataan salaf pertama datang dari Imam al-Ghazali rhm., ayyuhal-ikhwan marilah kita simak perkataan berikut ini, “Jika engkau memiliki kedua orang tua, maka adab seorang anak kepadanya adalah mendengar ucapan keduanya, berdiri ketika keduanya berdiri, melaksanakan perintahnya, tidak berjalan di hadapannya, tidak mengeraskan suara melebihi suaranya, memenuhi panggilannya, mengharapkan ridhanya, tawadhu’ kepadanya, selalu berbuat baik kepadanya, selalu melaksanakan perintahnya, tidak memandangnya rendah, tidak bermuka masam di hadapannya, dan tidak pergi kecuali atas izin keduanya.”

Perkataan kedua datang dari Imam al-Haddad ra., bahwasanya beliau pernah mengatakan, “Secara umum hak kedua orang tua adalah hak yang paling agung setelah hak Allah dan Rasul-Nya, maka wajib bagimu berbuat baik, taat, tawadhu’ dan mendahulukan keduanya dalam kebaikan, silaturrahim dan perbuatan baik lainnya –daripada berbuat baik kepada dirimu sendiri, keluarga dan anak-anakmu– tanpa mengharapkan balasan dari keduanya. Dan anggaplah tatkala kamu memenuhi kebutuhannya dan membantunya itu sebagai anugerah besar yang diberikan oleh Allahu subhânahu wa ta’âlâ kepadamu. Ketahuilah sesungguhnya berbuat baik kepada ibu melebihi keharusan berbuat baik kepada seorang ayah, sebagaimana yang telah disebutkan dalam sebuah hadits. Hal ini disebabkan, karena seorang ibu telah bersusah-payah mengandung, melahirkan, menyusui, mendidik dan menyayangi. Wallâhu ‘Alam.” Semoga bermanfaat.

*Perkataan ini kami kutip dari buku berjudul, “SULUK: Pedoman Memperoleh Kebahagian Dunia-Akhirat” karya Syaikh Muhammad Ali Baathiyah (Yogyakarta: Penerbit Layar, 2015) hlm. 63-64. | Silahkan miliki buku ini, banyak manfaat terdapat di dalamnya | Info pemesanan buku: WA + 0896 3122 7377 atau via BBM D6C98D93 | Mohon disebarluaskan dan raih lah pahala menyebarkan kebaikan … ^^

Comments

comments

To Top