Taklim

MAQAMAT ISYIQ: SEBUAH MUQADIMAH

MAQAMAT ISYIQ: SEBUAH MUQADIMAH
Sumber: Ustadz Ahmad Muhammad al-Habsyi
Editing: Muhsin Muhammad Basyaiban

PENERBITLAYAR.COM, YOGYAKARTA — Dikisahkan ada seorang yang sedang melakukan shalat, lalu lewatlah Qais (kalau anda pernah mendengar kisah percintaan Qais dan Laila, maka Qais inilah yang dimaksud dalam kisah), Qais mondar-mandir di hadapan orang yang shalat tersebut; Qais berjalan ke sana-ke mari, berlari-lari di depan orang shalat itu. Maka, setelah orang itu selesai dari shalatnya, ia pun bergegas menghampiri Qais.

Lantas, ia berkata kepada Qais dengan nada keras seraya marah, “Ya Qais, apakah engkau ini gila? Aku sedang shalat, tapi engkau justru mondar-mandir di hadapanku! Orang kalau shalat itu tidak boleh dilewati?!” Maka, mendengar hal itu Qais pun tersadar. Kemudian Qais pun berkata, “Maaf, aku tidak tahu kalau ada orang yang shalat di sini. Karena di hadapanku terlihat Laila, maka apa pun yang ada disekelilingku ini tidak nampak.”

Ini namanya ISYIQ (عشق) atau dimabuk cinta. Si Qais tidak terdasar kalau ia melewati orang yang shalat, sebab ia sedang melihat Laila; Sang kekasihnya. Lantas, Qais pun berkata lagi kepada orang yang menegurnya itu, “Justru yang mengherankan itu kamu? Bukankah kamu sedang menyembah kepada Allah; sedang berdua-duaan dengan Allah. Dan aku saja yang melihat Laila tidak sadar kalau ada kamu yang sedang shalat di sini. Tetapi, kamu yang sedang shalat; menyembah Allah, kok bisa-bisanya melihat aku yang mondar-mandir?”

Lanjut kata Qais, “Berarti, itu tandanya kamu tidak cinta kepada Allah! Kalau kamu benar-benar cinta kepada Allah, hanyut, rindu kepada Allah, maka kamu pun akan menjadi orang-orang yang shalat dan tidak memperdulikan apa pun yang ada dan terjadi disekelilingmu sebagaimana shalatnya para Imam besar.”

Masya Allah, jadi inilah gambaran sederhana tentang MAQAMAT ISYIQ, tapi sayangnya ISYIQ di sini dinisbatkan kepada makhluk. Andai dinisbatkan kepada Sang Khaliq, maka martabatnya pun akan berbeda. Hal menariknya lagi sejatinya apa sih perbedaan ISYIQ dan MAHABBAH? Padahal kita ketahui keduanya sama-sama soal cinta. Nah, fa Insya Allah dalam postingan berikutnya saya coba menelaah perbedaan tersebut dan membahas lebih dalam lagi tentang MAQAMAT ISYIQ dalam dunia tasawuf. Semoga mendatangkan manfaat bagi pembaca sekalian. Aamiin.

*Insya Allah, dalam tulisan berikutnya akan membahas lebih mendalam tentang MAQAMAT ISYIQ.

Comments

comments

To Top