Fawaid

PERISTIWA DAN KEJADIAN DI BULAN SYA’BAN

PENERBITLAYAR.COM, YOGYAKARTA – Berikut beberapa peristiwa dan kejadian yang terjadi di bulan Sya’ban yang kami kutip dari kitab “Mâdzâ fî Sya’bân” karya as-Sayyid Muhammad ibn ‘Alawi al-Maliki ra. Semoga ada manfaatnya, silahkan ambil manfaat dan sebarkan.

Perpindahan Qiblat

Pada bulan Sya’ban, Qiblat berpindah dari Baitul Maqdis, di Palestina ke Ka’bah, Makkah al Mukarramah. Nabi Muhammad shallallâhu ‘alaihi wa sallam menanti-nanti datangnya peristiwa ini dengan harapan yang sangat tinggi. Setiap hari beliau tidak lupa menengadahkan wajahnya ke langit, menanti datangnya wahyu dari Rabbnya. Sampai akhirnya Allahu subhânahu wa ta’âlâ mengabulkan penantiannya. Wahyu Allahu subhânahu wa ta’âlâ akhirnya pun turun, “Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya.” (QS. al-Baqarah [2]: 144).

Diangkatnya Amal Manusia

Salah satu keistimewaan bulan Sya’ban adalah diangkatnya amal-amal manusia pada bulan ini ke langit. Dari Usamah ibn Zaid radhiyallâhu ‘anhumâ, ia berkata; “Aku berkata: “Ya Rasulullah, aku tidak pernah melihatmu berpuasa dalam suatu bulan dari bulan-bulan yang ada seperti puasamu di bulan Sya’ban.” Maka beliau shallallâhu ‘alaihi wa sallam pun bersabda: “Itulah bulan yang manusia lalai darinya antara Rajab dan Ramadhan. Dan merupakan bulan yang di dalamnya diangkat amalan-amalan kepada Rabbul ‘Alamin. Dan aku menyukai amal aku diangkat, sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. an-Nasa’i).

Comments

comments

To Top