Fawaid

WASIAT SAYYIDIL HABIB UMAR DI AWAL TAHUN BARU HIJRIYAH

WASIAT SAYYIDIL HABIB UMAR DI AWAL TAHUN BARU HIJRIYAH
Editing: Muhsin Muhammad Basyaiban

PENERBITLAYAR.COM, YOGYAKARTA – Berikut beberapa wasiat yang disampaikan oleh Sayyidil Habib Umar ibn Hafizh –hafizhahullahu ta’ala – di dalam pembukaan tahun baru Hijriyah 1140 H. Mari kita renungkan dan amalkan wasiat ini dengan harapan sepanjang tahun baru Islam 1140 H, kita mendapatkan nafahat, manfaat serta keberkahan yang luas; menjadi pribadi yang lebih baik, ta’at, bertaqwa serta selalu dalam keistiqamaah meraih ridha Allahu ta’ala. Allahumma Aamin.

Sayyidil Habib Umar ibn Hafizh ra., berkata:

1) Hendaklah engkau bersungguh-sungguh dalam menghadap kepada Allah ta’ala (memperhatikan dalam penerimaan hati dan anggota tubuh akan pelaksanaan perintah Allah dan penjauhan diri dari larangan Allah).

2) Dan jadikan hatimu hadir (tidak lalai atau punya pikiran ke sana – kemari dan hanya fokus kepada Allah), bersama Allahu ta’ala ketika mendirikan shalat-shalat Fardlhu dan ibadah lainnya.

3) Jangan sampai tertinggal shalat-shalat sunnah Rawatib, yakni Qabliyyah dan Ba’diyyah serta shalat Witir maupun Dhuha.

4) Dan jangan sampai teledor untuk menjalankan kewajiban-kewajiban bagimu daripada berbuat baik kepada kedua Orang tua dan kepada sanak kerabat terdekat serta tetangga-tetangga dan juga terhadap orang-orang yang Allahu ta’ala telah wajibkan kepadamu untuk berbuat baik kepadanya.

5) Dan hendaknya kamu kuatkan hubunganmu dengan kitab suci Allah, yaitu al-Quran dengan mempelajarinya kepada guru yang tsiqah dan bersanad serta mentadabburinya dan juga mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

6) Dan hendaknya kamu tebarkan kasih sayangmu terhadap hamba-hamba serta makhluk-makhluk Allahu subhanahu wa ta’ala.

7) Dan perkuat pengabdianmu terhadap syariat Allahu ta’ala dan mmat Nabi Muhammad shallallahu ‘alahi wa sallam.

Inilah manfaat yang insya Allah dapat engkau peroleh dan engkau pegang. Semoga Allah subhanahu wa ta’ala memberikan kepadamu keberkahan. []

Comments

comments

To Top