Fawaid

EMPAT CARA TERHINDAR DARI IBLIS

EMPAT CARA TERHINDAR DARI IBLIS
Editing: Muhsin Muhammad Basyaiban

PENERBITLAYAR.COM, YOGYAKARTA — Dikatakan seseorang akan terjaga dari (godaan/gangguan) iblis di dalam empat hal, yaitu: Ketika berada di masjid, saat membaca al-Quran dengan merenungkan maknanya, saat shalat, dan ketika memandang orang alim yang zuhud. Nah, alangkah baiknya memandang orang alim yang zuhud ini ketika timbul was-was dari iblis. Sebab, terkadang ketika membaca al-Quran pun iblis masih bisa menyisipkan was-was di hati manusia. Selengkapnya lihat buku berjudul, “KITAB NIAT: Sebuah Buku Membahas Seputar Persoalan Niat” karya al-Habib Sa’ad Alaydrus (Penerbit Layar: Yogyakarta, 2019).

Masya Allah, ternyata hanya memandang orang alim yang zuhud saja sudah memiliki faedah yang besar; yakni terjaganya kita dari gangguan iblis. Namun yang juga perlu diperhatikan, ini tidak wajhul alim saja ya, tetapi wajuhul alim az-zahid (yaitu, memandang orang alim yang zuhud). Artinya, ulama yang kita pandang ini tidak sekedar alimnya saja, tetapi juga zuhud.

Nah, kategori orang yang alim tetapi juga zuhud itu biasanya hanya dimiliki para ahli tasawuf atau kaum sufi. Fa Alhamdulillah, ulama Habaib dan Masyaikhana mayoritas mengikuti jalannya para ahli tasawuf. Dan ulama inilah yang tatkala kita memandang wajahnya akan terjaga dari ganguan iblis, setan dan sekutunya. Wallahu a’lam. Silahkan ambil manfaat dan sebarluaskan. Untuk mengenal dan memahami apa itu tasawuf dan ciri-ciri pelakunya silahkan lihat buku berjudul, “TASAWUF: Hakikat & Ciri-Ciri Pengamalnya” Karya Sayyidil Habib Umar ibn Hafizh (Penerbit Layar: 2019).

*Info Pemesanan: CALL/SMS/WA + 0896 3122 7377

Comments

comments

To Top