Fawaid

MINUM SUSU PUTIH DI AWAL TAHUN HIJRIYAH

MINUM SUSU PUTIH DI AWAL TAHUN HIJRIYAH
Sumber: Laman ASH-SHOFWAH AL-MALIKIYYAH
Editing: Muhsin Muhammad Basyaiban

Berikut fadhilah (baca:keutamaan) meminum susu putih di awal tahun hijriyyah yang mana hal ini selalu diamalkan oleh Abuya as-Sayyid Muhammad ibn ‘Alwy al-Maliki rhm. (Makkah al-Mukarramah), semoga ada manfaatnya bagi kita semua. Aamiin.

FADHILAH :       

Tafa’ulan (yakni, melakukan sesuatu dengan harapan mirip dengan sesuatu itu):

Tafa’ulan meminta agar sepanjang tahun dijadikan tahun yang putih, tahun yang bersih, tahun melakukan kebaikan-kebaikan. Hal ini selalu diamalkan oleh Abuya as-Sayyid Muhammad ibn ‘Alwy al-Maliki rahimahullah.

DOA MINUM SUSU PUTIH

*اللهم بارك لنا فيه و زدنا منه*

“Ya Allah berikan barokah pada kami dalam susu ini dan tambahilah di dalamnya.”

Di dalam susu terdapat anugerah yang telah dipersiapkan Allah swt. untuk umat Rasulullah saw. khususnya untuk anak. Karena susu menentukan kesempurnaan tumbuhnya anak. Oleh sebab itu dalam doa ditambah kata وزدنا منه. Tambahan doa ini hanya khusus pada minuman susu, tidak pada minuman lainnya meskipun madu. Susu adalah makanan pokok yang identik dengan anak. Susu lebih afdhol dari madu. Keutamaan dusu ada dalam kitabullah dan hadits Rasulullah saw.

FADHILAH SUSU, di antaranya:

  1. Menumbuh kembangkan pertumbuhan anak.
  2. Susu mencukupi (mengenyangkan) kebutuhan makan minum anak.
  3. Susu tidak bikin perut anak mules.
  4. Saat Isra’ wal Mi’raj, susu adalah pilihan Rasulullah saw. yakni saat Malaikat Jibril as. menyuguhkan khamr dan susu. Dan susu adalah tanda kefitrahan umat Rasulullah saw.

Subhanallah !! Sunnah minum susu pun dilakukan oleh Abuya Sayyid Muhammad al-Maliki rahimahullah. Tidak ada satupun Sunnah Baginda Rasul saw. yang di dalamnya tidak mengandung hikmah, semuanya ada fadhilah dan kebaikannya. Wallahu a’lam.

*Kami ucapkan, “Selamat Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1441 H.” Yuk, niatkan di awal tahun baru ini untuk meraih amal-amal ketaatan yang lebih baik lagi.

Comments

comments

To Top