Fawaid

CELAAN BAGI YANG TAK MAU BERZIKIR

CELAAN BAGI YANG TAK MAU BERZIKIR
Editing: Muhammad Hafiz

PENERBITLAYAR.COM, SURAKARTA – Tujuan diciptakannya manusia dimuka bumi adalah untuk beribadah. WAMÂ KHALQTUL-JINNA WAL-INSA ILLA LIYA’BUDÛN/ Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku (adz-Dzariyat [51]: 56). Dan Allah swt. tahu bahwa manusia adalah makhluk-Nya yang memiliki sifat gampang bosan. Oleh karena itu Allah swt. menciptakan ibadah yang bermacam-macam sesuai kondisi hamba-Nya, mulai dari salat, puasa, sedekah, membaca al-Quran, dan lain-lain.

Termasuk ibadah yang paling ringan diamalkan, tanpa ada biaya, dan dapat dilakukan setiap waktu dan tempat dalam segala keadaan adalah zikir. Dan Allah swt. juga menciptakan berbagai macam zikir mulai dari yang pendek hingga yang panjang yang bisa manusia amalkan dan dapakan manfaatnya, seperti tahlil, tasbih, tahmid, salawat dan lain-lain.

Namun, dengan segala kemudahan dan manfaat besar yang telah Allah swt. siapkan di dalam zikir, masih ada orang yang enggan berzikir dengan berbagai alasan.

اَلذِّكْرُ مَعْرُوْفٌ بِأَنْوَاعِهَ، حَرَّرَ لَنَا الْعُلَمَاءُ كَمَا رَوَوْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ. وَ تَرْكُهُ عَجْزٌ، وَ تَرْكُهُ بَطَالَةٌ، وَ تَرْكُهُ تَقْصِيْرٌ مَنَ الْإِنْسَانِ

“Zikir, sebagaimana diketahui ada banyak macamnya dan telah dijelaskan oleh para ulama sebagaimana riwayat Nabi saw. Meninggalkan zikir adalah bentuk kelemahan, kebatilan, dan aib bagi seseorang.” (al-Habib Ahmad Masyhur bin Toha al-Haddad)

*Nasihat diambil dari kitab “al-Imam ad-Da’iyah al-Habib Ahmad Masyhur al-Haddad” karya al-Habib Hamid bin Ahmad Masyhur bin Toha al-Haddad.

Comments

comments

To Top