Taklim

MAKNA HADIR DAN POSISI DUDUK DI MAJELIS ILMU

 

MAKNA HADIR DAN POSISI DUDUK DI MAJELIS ILMU
Sumber: Ustadz Syakir ibn Ali al-Habsyi
Editing: Muhammad Hafiz

Pada suatu kesempatan, pernah Rasulullah saw duduk bersama para sahabatnya di masjid dalam suatu majelis. Tiba-tiba datanglah 3 orang menuju masjid. Dua orang masuk menghadap Rasulullah saw sedangkan yang satunya pergi.

Setelah keduanya masuk dan memberi salam kepada Rasulullah saw. Salah satu dari mereka melihat ada tempat kosong di dalam majelis kemudian duduk di sana. Sedangkan yang satunya memilih duduk di belakang para hadirin.

Setelah majelis tersebut selesai Rasulullah saw bersabda:

أَلَا أُخْبِرُكُمْ عَنِ النَّفَرِ الثَّلَاثَةَ أَمَّا أَحَدُهُمْ فَأَوَى إِلَى اللهِ فآوَاهُ اللهُ وَ أَمَّا الآخَرُ فَاسْتَحْيَا فَاسْتَحْيَا اللهُ مٍنْهُ وَ أَمَّا الآخَرُ فَأَعْرَضَ فَأَعْرَضَ اللهُ عَنْه

Maukah kalian aku kabarkan tentang 3 orang tadi? Orang yang pertama (duduk di tempat kosong) mengharap rahmat Allah, maka Allah merahmatinya. Orang yang kedua (duduk paling belakang) malu kepada Allah, maka Allah juga malu memberinya ampunan. Sedangkan orang ketiga dia berpaling, maka Allah juga berpaling darinya” (HR. Bukahri: 66)

Dinukil dari intisari pembacaan kitab Shahih Bukhari pada Raouhah Siang yang diadakan di masjid ar-Riyadh Solo, 25 Maret 2021

Comments

comments

To Top