Taklim

AABS: ADA APA DI BULAN SYA’BAN

AABS: ADA APA DI BULAN SYA’BAN
Sumber: as-Sayyid Alwi ibn Ali ibn Alwi al-Habsyi
Editing: Muhammad Hafiz

Dari riwayat Sayyidatuna Aisyah rah, Rasulullah saw bersabda:

ْرَجَبُ شَهْرُ اللهِ وَ شَعْبَانُ شَهْرِيْ وَ رَمَضَانُ شَهْرُ أُمَّتَي

Rajab adalah bulannya Allah, dan Sya’ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulannya umatku“.

Sya’ban menjadi bulannya Rasulullah saw karena di bulan itu turun firman Allah swt:

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Sungguh Allah dan malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk nabi. Ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al Ahzab ayat 56).

Sayyidina Anas ibn Malik ra berkata: “Dinamakan dengan nama ‘Sya’ban’ karena di dalam bulan tersebut banyak kebaikan-kebaikan yang bisa dilakukan oleh orang yang berpuasa (dan ibadah yang lain), hingga nantinya kebaikan-kebakan tersebut akan mengantarkan dia masuk ke dalam surga.

Di dalam kitab Tuhfatul Ikhwan karya al-Imam al-Allamah al-Fasyani, beliau menerangkan bahwa hikmah sabda Nabi saw: “Rajab adalah bulannya Allah, Sya’ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulan umatku” yaitu “jika engkau kembali ke pintu-Ku di bulan Rajab, maka akan aku ampuni dosa-dosamu langsung tanpa melalui perantara. Jika engkau kembali (taubat) di bulan Sya’ban, maka engkau akan membutuhkan syafaat Rasulullah saw. Namun jika engkau kembali di bulan Ramadhan, maka engkau akan membutuhkan syafaat kaum mukminin.

Di dalam kitab Kanzun an-Najah Wa as-Surur, Imam Abdul Hamid as-Syafi’i menulis:
Ketahuilah, bahwa Bulan Sya’ban yang dimuliakan oleh Allah swt ini termasuk bulan-bulan yang agung. Keberkahan bulan ini telah dikenal. Pahala dari kebaikan-kebaikan yang dilakukan umat Muslim di bulan ini akan berlimpah-limpah. Orang yang bertaubat di bulan ini akan mendapatkan keberuntungan yang tiada tara. Ketaatan yang dilakukan pada bulan ini akan menjadi ‘dagangan’ akhirat yang menguntungkan.

Dinukil dari intisari nasehat-nasehat as-Sayyid Alwi ibn Ali al-Habsyi pada acara Pembacaan Doa Nisfu Sya’ban di Ponpes Riyadhul Janah, Solo 28 Maret 2021

Comments

comments

To Top